Rabu, 30 Oktober 2013

Program Studi Pendiikan Biologi




PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI




  
Program studi Pendidikan Biologi bertujuan menghasilkan sarjana dalam bidang pendidikan biologi yang berbasis industri dan berbudaya religius serta mampu mengajar mata pelajaran Biologi pada jenjang pendidikan dasar dan menengah dan bahkan SMP serta SMA umum. Lulusan program studi ini dipersiapkan untuk memiliki kompetensi yang memadai tentang biologi dari sudut keilmuannya, memiliki teaching skills yang memadai untuk mengajarkan ilmu yang dikuasainya itu, dan keunggulan moralitas yang didukung dengan pelajaran keislaman yang komprehensif tanpa mengurangi bobot pembelajaran biologi serta teori pembelajarannya. Lulusan program studi ini juga diharapkan ikut berpartisipasi dalam mewujudkan masyarakat yang mampu memanfaatkan sumber daya alam secara optimal dan berkelanjutan yang sesuai dengan syariat Islam.
Mata kuliah yang ditawarkan di program studi Pendidikan  Biologi di antaranya adalah Filsafat Sains, Fisologi Tumbuhan, Genetika, Media Pembelajaran Biologi, Struktur dan Perkembangan Hewan, Taksonomi Tumbuhan Tingkat Tinggi, Taksonomi Tumbuhan Tingkat Rendah, Pengenalan Keanekaragaman Hayati, Zoologi Avertebrata, Fisiologi Hewan, Telaah Kurikulum Biologi SMP/MTs, Telaah Kurikulum Biologi SMA/MA, Prinsip Bioteknologi, dan lain sebagainya.
Program Studi Pendidikan Biologi bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang profesional serta mampu mengintegrasikan konsep-konsep Pendidikan Biologi, sehingga memiliki kompetensi yang utuh dan mampu berkompeti dalam skala lokal maupun global. Jabaran dari tujuan di atas adalah sebagai berikut:
  • Menghasilkan sarjana Pendidikan Biologi yang profesional, beriman dan berakhlak mulia.
  • Menghasilkan inovasi bidang Pendidikan Biologi.
  • Meningkatkan kualitas pembelajaran Biologi di sekolah manapun.

Adapun visi dan misi dari program studi pendidikan biologi, anatara lain:
·         Visi
Mengembangkan ilmu pengetahuan teknologi khususnya di bidang kependidikan biologi guna meweujudkan masyarakat berkualitas dan berwawasan lingkungan.

·         Misi
Menyelenggarakan dan mengembangkan kependidikan biologi secara professional dalam pembelajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat yang berkualitas dan berkelanjutan.

0 komentar:

Posting Komentar